Selasa, 25 Januari 2011

kegunaan internet selain sebagai media komunikasi dan informasi

OK.. Apa Kegunaan Internet selain sebagai media komunikasi dan informasi?

Benar sekali, fungsi dasar sebuah internet adalah sarana komunikasi dan informasi, namun dengan adanya Komunikasi dan informasi itulah Internet bisa ber metamorfose menjadi sebuah media yang luar biasa kompleks. Dulu kita tahu sendiri bahwa Internet mula-mulanya dipelopori oleh proyek ARPANET yaitu sebuah proyek jaringan komunikasi untuk militer amerika serikat. Dari info tersebut bisa kita menyimpulkan bahwa internet mulanya hanya berguna sebagai media jembatan info yang lebih bersifat rahasia dan mempunyai peranan dan fungsi yang saling terikat antar suatu kesatuan dalam hal ini mengacu pada proyek militer amerika serikat.

Kini internet bisa dinikmati siapa saja, dimana saja, kapan saja tanpa adanya batasan. Informasi menjadi lebih bermanfaat dan mudah diakses. Nah... dengan kemudahan itulah timbul berbagai macam sudut pandang kaum kreatif contohnya dari generasi muda Sergey Mikhailovich Brin dan Lawrence Edward Larry Page yang lebih dikenal Dengan Sergey Brin & larry Page (Duo remaja pencetus google) Mereka lebih condong kearah peningkatan daya guna dan progresifitas sebuah internet menjadi media yang lebih berdaya guna.

Back to Questions.. Apa Kegunaan Internet selain sebagai media komunikasi dan informasi untuk sekarang ini, dan lebih mengacu pada negara indonesia? jawabanya adalah transformasi bisnis dan Politik.
Mengapa saya menyebut demikian..

1). Transformasi bisnis
Transformasi bisnis merupakan proses perubahan metode dari manual ke arah otomatisasi.. selama beratus-ratus tahun bahkan beribu-ribu tahun proses bisnis (Jual-bel) selalu berkaitan antara kesepakatan penjual dan pembeli dalam satu waktu, Tapi sekarang Internet lah jembatan yang mampu menghalau aktifitas jual beli yang telah mendarah daging di seluruh penjuru dunia, dengan apa yang disebut E-Commerce, E-Business dan beberapa contoh metode bisnis internet lain.

2). Politik.
Dengan adanya berbagai macam situs komersil yang bernaung pada sebuah partai atau lewat perantara jasa iklan situs-situs berita dan beberapa situs Social Networking (Facebook) Pemilu kini lebih representif, menghalau berbagai macam tehnik kampanye yang dari dulu sejatinya hanya berupa tehnik face to face, Iklan TV dan Radio, Kini kita sendiri bisa lebih mengenal profil sosok calon pemimpin yang profilnya bisa dengan mudah kita akses.. Ini memang sebuah informasi namun lebih kearah pemaksimalan informasi yang dari dulu kita sudah biasa mengenal informasi namun lebih kearah informasi satu arah (TV,Radio,Koran) dengan internet informasi berkembang dan mempunyai sisi timbal balik (dua arah) yaitu dengan cara komentar dan diskusi via online.

Dua point diatas merupakan bagian dari sekian banyak fungsi yang ada pada hutan rimba dunia maya dan tetap berlandaskan Komunikasi dan informasi, Internet "sampai kapanpun" tidak akan bisa dipisahkan dengan Informasi dan telekomunikasi. Sejauh mana kita mampu berkembang dan menelusurinya? hanya kita sendirilah yang mampu menjawabnya.

Kalau ditanya pantaskah bila layanan yang ada didalamnya (blog, jejaring sosial, dll) menjadi media yang dikomersilkan, semacam untuk iklan (blog gratis), dan numpang beken dan terkenal lewat dunia maya ini?

Jawabanya saya : tergantung sudut pandang penilai. Pada Blog dan Jejaring social para pengguna (Owner) Situs tersebut tidak bisa dipungkiri merupakan Warga internet.. dan sudah sepantasnya mereka mendapat hak sebagai warga yang hidup dan berkatifitas didalamnya. Mereka selalu berusaha mengisi internet dengan kegiatan yang bermanfaat maupun tidak (layaknya kehidupan) dan tentunya mereka tertantang untuk mengeksplorasi diri sesuai jiwa bisnis dan jiwa narsis yang tiap individu mempunyai level yang berbeda-beda. Komersialisme jelas sah dan tidak menyalahi hukum karena iklan yang ditawarkan mempunyai lembaga yang menaungi dan mempunyai license agreement yang sangat jelas! misalnya Google Adsense, Tapi layaknya hutan rimba, internet juga tidak bisa dipisahkan dari Black Market dan beberapa Cyber Crime lainya. Sementara Numpang beken lebih kearah tingkat eksplorasi diri dan pengembangan karakter individual, sepertinya tidak ada salahnya.. karena di Amerika sendiri (sebagai tempat asal mulanya blog) blog memiliki dampak sosial yang hebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar